Perbedaan Mesin Bensin dan Mesin Diesel Bandung

Perbedaan Mesin Bensin dan Mesin Diesel Bandung | Keduanya merupakan mesin dengan jenis pembakaran didalam (Internal Combustion Engine) dimana tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut tercipta dari campuran bahan bakar yang diledakan didalam ruang bakar (Combustion Chamber) sehingga menciptakan energi mekanik pada piston melalui gerak translasi bolak balik atau maju mundur piston didalam silinder.

Perbedaan Mesin Bensin dan Mesin Diesel Bandung

Cara membedakannya sangat mudah yaitu dengan melihat bahan bakar yang digunakan. Bila menggunakan bahan bakar solar maka dapat dipastikan mesin tersebut adalah mesin diesel. Sebaliknya bila menggunakan bahan bakar bensin maka kita langsung mengenalinya sebagai mesin bensin.

Garis besar yang membedakan antara mesin bensin dan mesin diesel adalah cara pembakaran bahan bakar yang terjadi didalam ruang bakar (Combustion Chamber). Ledakan bahan bakar pada mesin bensin dipicu oleh percikan api pada busi sehingga menciptakan tenaga mekanik pada mesin tersebut, sedangkan pembakaran pada mesin diesel terjadi karena tekanan kompresi yang tinggi sehingga menciptakan energi panas (thermal) yang digunakan untuk meledakan bahar bakar yang disemprotkan oleh injektor kedalam ruang bakar.

Namun ada lebih banyak lagi perbedaan di antara kedua jenis mesin tersebut selain bahan bakar yang digunakan. Perbedaan ini selain menunjukkan karakternya, juga dapat menunjukkan kelebihan dan kelemahan masing-masing mesin tersebut.

[table id=94 /]

Pada mesin diesel, udara yang masuk kedalam silinder dikompresikan sampai tercipta panas. Bahan bakar solar kemudian disemprotkan oleh injektor ke dalam silinder. Sedangkan pada mesin bensin, bahan bakar dan udara dicampurkan terlebih dahulu kemudian dimasukan kedalam silinder selanjutnya dikompresikan dan diledakan oleh percikan api pada busi.

Pada mesin diesel bahan bakar solar dinyalakan oleh panas yang ditimbulkan dari udara yang dimampatkan atau dikompresikan dalam silinder, panas yang tercipta tersebut yang menciptakan pembakaran sendiri (self ignition).

Karena mesin diesel mempunyai rasio perbandingan kompresi yang lebih tinggi dari pada mesin bensin maka mesin diesel dibuat lebih kuat.

Dibandingkan mesin bensin, mesin diesel mampu membakar bahan bakar dengan lebih efisien sehingga penggunaan bahan bakarnya lebih hemat. Dengan efisiensi ini kendaraan dengan mesin diesel dapat menempuh jarak hingga 30 persen lebih banyak daripada kendaraan dengan mesin bensin untuk volume bahan bakar yang sama.

Dalam hal akselerasi mesin bensin lebih unggul daripada mesin diesel. Mesin bensin menghasilkan putaran yang lebih cepat sehingga membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk mencapai kecepatan tertentu.

Dalam hal kekuatan mesin diesel lebih unggul daripada mesin bensin. Torsi yang dihasilkan oleh mesin diesel lebih besar dan memiliki ketahanan yang dapat bekerja lebih lama secara terus menerus.

Informasi dan konsultasi teknik silahkan hubungi:

RIZKI TOYOTA BANDUNG

GSM/Whatsapp/SMS : 0852-8545-2000
GSM Tree : 0896-5222-2002
GSM XL : 0877-7447-1512
Line ID : an.mulfirizki
Line @ : toyota bandung
BBM-iD : 5F8258B6
Email 1 : rizki@toyota-bandung.co.id
Email 2 : an.mulfirizki@gmail.com
Website : http://www.toyota-bandung.co.id/

[table id=93 /]

Call Rizki
Whatsapp